Minggu, 10 Maret 2013

Rack Display untuk Supermarket (2)

Melanjutkan postingan sebelumnya. Pengertian Rak Utama/Starting adalah sebuah rak (baik 1 muka maupun 2 muka) yang berdiri sendiri. Jika rak tersebut 1 muka, biasa disebut juga gondola atau Rack End, karena mengakhiri  sederetan rack 2 muka. Gambar disamping adalah contoh rak 1 muka utama/starting.
RAK UTAMA/STARTING
Ciri-ciri rak utama/starting adalah harus dapat berdiri sendiri. Oleh karenanya rak ini mempunyai 2 buah tiang, dua buah kaki samping dan sebuah kaki depan untuk rak 1 muka, atau 2 buah tiang, 4 buah kaki samping dan 2 buah kaki depan untuk rak 2 muka.
Rak type ini disebut juga rak starting, karena mengawali rak-rak yang dipasang berderet. Jadi tanpa rak utama/starting ini, maka sederetan rak lainnya tidak dapat berdiri.


Type yang kedua adalah Rak Reguler/Jointing, yaitu sebuah rak (baik 1 muka maupun 2 muka) yang tidak dapat berdiri sendiri. Artinya dibutuhkan penopang lain agar rak ini bisa berdiri. Ciri-ciri dari rak reguler/jointing ini adalah tidak dapat berdiri sendiri, karena hanya mempunyai 1 tiang, 1 kaki depan dan 1 kaki samping untuk rak 1 muka, atau 1 tiang, 2 kaki samping dan 2 kaki depan untuk rak 2 muka. Rak type ini desebut jointing, karena agar dapat berdiri/digunakan, rak ini harus di "jointkan" (digabung/disandarkan) dengan rak yang lain.

Gambar disamping ini bukan sebuah rak 2 muka yang memiliki 3 buah tiang, melainkan terdiri dari 2 buah rak yang di joinkan/disambung menjadi satu kesatuan. Gambar tersebut adalah 1 buah rak 2 muka utama (starting) yang mempunyai 2 buah tiang, dijointkan dengan rak 2 muka reguler (jointing) yang memiliki 1 buah tiang. Tiang yang satunya dari rak reguler ini (agar bisa berdiri maka rak harus memiliki 2 buah tiang!) "numpang" atau dijointkan dengan salah satu tiang dari rak utama. Dengan demikian mudah dimengerti bahwa jika Anda membutuhkan sederet rak display untuk toko Anda, maka hanya diperlukan 1 buah rak utama/starting, sedangkan rak lainnya cukup rak reguler/jointing. Keuntungannya? Jelas penghematan biaya, karena rak reguler pasti lebih murah dari rak utama.

Contoh aplikasi.
Misalkan Anda mempunyai ruangan dengan panjang 15m dan lebar 9,5m, akan diisi dengan rak yang panjang setiap rak 90cm, lebar maksimal 45cm dan tinggi 150cm untuk rak 2 mukanya dan 180cm untuk rak 1 muka. Anda berencana untuk mengosongkan ruangan sepanjang 3m dari pintu depan, yang nantinya digunakan untuk tempat meja kasir, fresh drink cases dan box obral.
Berapa jumlah rak yang Anda butuhkan?

Pertama-tama Anda telah memiliki ruangan dengan panjang  15m dan lebar 9,5m. Karena sepanjang 3m dari pintu akan Anda gunakan untuk meja kasir, fresh drink dll, maka panjang yang tersisa 12m. Kemudian Anda mulai menghitung kebutuhan rak yang mepet dinding, yaitu rak 1 muka yang tingginya 180 cm. (tips: untuk rak yang mepet dinding sebaiknya lebih tinggi dari rak tengah, untuk memudahkan pengontrolan). Dengan lebar ruangan 9,5m dan panjang setiap rak 90cm, maka ruangan sebelah belakang membutuhkan rak sebanyak 10 buah, yang terdiri dari 1 buah rak utama dan 9 buah rak reguler. Ruangan samping kiri dengan panjang (12-0.45) m membutuhkan rak sebanyak 12 buah, demikian juga dengan ruangan samping kanan, masing masing terdiri dari 1 buah rak utama dan 11 buah rak reguler.
Kemudian Anda akan menghitung kebutuhan rak tengah, yaitu rak 2 muka yang tingginya 150cm, tapi sebelumnya Anda harus menentukan dulu lebar gang/jalan untuk konsumen. Idealnya, lebar gang adalah 1,2 s/d 1,5m agar konsumen lebih leluasa dan nyaman memilih barang yang mereka butuhkan, tapi jika lebar ruangan tidak memungkinkan, maka lebar gang 1m sudah cukup memadai.
Dengan gang samping kiri, kanan dan tengah selebar kurang lebih 1,1m maka diperoleh 3 deret rak 2 muka, yang masing masing deret terdiri dari 9 buah rak, ditambah dengan 2 buah gondola atau rack end.

Dengan demikian maka kebutuhan rak Anda adalah :

  • 34 buah rak tinggi 180cm 1 muka (warna kuning) yang terdiri dari 3 rak utama dan 31 rak reguler
  • 27 buah rak tinggi 150cm 2 muka (hijau) yang terdiri dari 3 buah rak utama dan 24 buah reguler.
  • 6 buah gondola (rack end) tinggi 150cm 1 muka.
(tulisan selanjutnya, asesori-asesori yang melengkapi sebuah rak......................)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar