Jumat, 08 Maret 2013

Rak Display untuk Supermarket

Salah satu perangkat yang sangat penting bagi Anda yang akan berbisnis ritel dalam bentuk supermarket atau minimarket adalah Rack Display.
Di pasar banyak sekali ditawarkan rack display untuk supermarket/minimarket ini dalam berbagai bentuk dan harga. Bagaimana Anda memilih rack display untuk toko Anda ? Berikut ini beberapa tip/pedoman memilih rack display yang tepat untuk toko Anda.
Pertama, sesuaikan dimensi rack display yang akan Anda gunakan dengan luas ruangan yang tersedia. Jika ruangan toko Anda "tidak terlalu luas", maka pemilihan rack display yang tidak terlalu lebar adalah pilihan yang bijaksana, sehingga toko Anda tidak nampak terlalu kecil dan jenis barang yang Anda tawarkanpun lebih banyak ragamnya. Dewasa ini sangat banyak ukuran rack display yang ditawarkan dipasaran, baik tinggi, lebar maupun panjang rack. Pilihlah secermat mungkin, jangan biarkan banyak space/ruangan yang terbuang karena Anda salah memilih dimensi rack. Kedua, pilihlah bahan dasar rack, sesuaikan dengan barang yang akan Anda jual. Saya sarankan pilihlah rack display  yang terbuat dari logam (besi), karena selain lebih kuat (dalam menahan beban) juga tahan lebih lama (tida mudah lapuk). Kekuatan rack display dari logampun tergantung ketebalan pelat shelving dan tiangnya. Ketebalan shelving dipasaran ada yang 0.6mm, 0.8mm dan 1mm, sedangkan kekuatannya dalam menahan beban, sepengetahuan saya, yang 0.6mm mampu menahan beban 100kg per rak (shelving). Ketiga, pilihlah rack display yang harganya sesuai dengan kantong Anda........


Elemen-elemen pada Rack Display.
Setelah Anda memutuskan untuk mengisi toko Anda dengan rack display yang terbuat dari logam/besi, maka Anda perlu juga mengetahui elemen-elemen atau komponen dari rack itu sendiri. Dengan demikian pada waktu pembelian Anda dapat menghitung sendiri kelengkapan rak yang Anda pesan.
gb 1
Gambar 1 adalah rack display 1 muka. a. dinamakan kaki depan (front foot), b adalah kaki samping (side foot). setiap sebuah rack display mempunyai 1 kaki depan dan 2 kaki samping. Sedangkan untuk rak 2 muka mempunyai 2 kaki depan dan 4 kaki samping (dengan pengecualian yang akan saya jelaskan pada kesempatan lain).
Kemudian c adalah shelving bawah dan d shelving atas. Perbedaan shelving atas dan shelving bawah adalah pada lebarnya, biasanya selisih sekitar 5 cm. Jadi kalau shelving atas mempunyai lebar 30 cm misalnya, maka lebar shelving bawah sekitar 35 cm.
e adalah ramp (wiremes), yang dibuat dari besi bulat berdiameter 3 sampai 4 milimeter.  f adalah tiang rak dan g dinamakan bracket, yaitu penyangga shelving atas.
Perlu Anda ketahui, setiap elemen dari rack display ini terlepas satu sama lain, atau dengan perkataan lain untuk membuat rack display ini maka elemen-elemen tersebut perlu dirakit dulu seperti sistem knock down pada produk-produk furniture.


Selanjutnya agar didalam melakukan pembelian rack display Anda tidak salah jumlah maupun salah jenisnya, apalagi yang perlu Anda ketahui?
Pertama, Anda perlu memahami bahwa jenis rack display ada 2 macam, yaitu rack display 1 (satu) muka (single side) dan rack display 2 (dua) muka (double sides).

gb 3
gb 4
Gambar 1 adalah contoh rack display 1 muka (single side). Karena rak ini hanya mempunyai shelving di satu sisi, maka biasanya rak 1 muka ini dipasang mepet dinding, atau dipasang didepan/dibelakang rack 2 muka sebagai rack end/gondola. Pada gambar ini jumlah shelvingnya 4 buah yaitu 3 buah shelving atas dan 1 buah shelving bawah, dan dapat ditambah sesuai dengan kebutuhan karena posisi shelving fleksibel, dapat dinaik turunkan.
Gambar 2 adalah contoh rack display 2 muka atau double sides, yaitu rack display yang shelvingnya ada pada kedua sisinya sehingga biasanya rack display 2 muka ini dipasang ditengah ruangan. Sama seperti shelving pada rack display 1 muka, maka pada rak yang 2 muka ini shelving dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan.
Kedua, Anda perlu mengetahui juga bahwa pada rack display untuk supermarket dikenal istilah starting (utama) dan jointing (reguler). 
(bersambung ..........................tulisan selanjutnya : rak utama dan rak reguler....)


                                                                                                                                                                       


Tidak ada komentar:

Posting Komentar