Selasa, 12 Maret 2013

Rack Display untuk Supermarket (3)

Jika Anda memiliki sejumlah rack display, sebenarnya Anda sudah siap untuk memulai bisnis ritel Anda. Pasang dan setel rak display Anda tersebut, isi dengan barang-barang yang akan Anda jual, maka tugas Anda selanjutnya adalah menunggu calon konsumen Anda datang mengunjungi toko Anda.............

Dari sisi ini mungkin Anda benar, tapi mungkin akan timbul masalah-masalah yang sebelumnya tidak Anda pikirkan. Misalnya :

  • Barang jatuh dari shelving karena mungkin konsumen kurang hati-hati (dan biasanya nggak peduli kan?) mengambil barang, misalnya mengambil sebuah barang yang dibawah setumpukan barang sejenis sehingga barang diatasnya beresiko jatuh karena tidak ada penghalang, atau barang terlalu penuh sehingga bisa melorot kedepan atau kesamping dan jatuh.
  • Barang-barang yang tampak lebih bagus jika displayannya digantung tapi rak Anda tidak ada fasilitas untuk menggantung barang.
  • Untuk barang-barang yang kecil seperti permen tentunya membutuhkan tempat tersendiri daripada dicampur dengan barang-barang lain.
Nah, kalau demikian, maka rak Anda memerlukan asesori-asesori tertentu sehingga bisa meminimalisir resiko-resiko seperti yang saya sebutkan diatas. Beberapa asesori rak yang ada dipasaran adalah :

Stopper

Stopper adalah jawaban yang tepat untuk mengatasi masalah barang jatuh dari shelving. Stopper atau disebut juga penghalang ini terbuat dari besi atau stainless steel dengan tinggi sekitar 3 cm didesain seperti pagar (sehingga sering juga disebut pagar). Ada dua macam stopper, yaitu stopper depan dan stopper samping. Cara pemasangannyapun cukup gampang. Untuk stopper depan telah disediakan lubang-lubang di shelving sehingga tinggal memasukkan kaki stopper depan tersebut kedalam lubang, sedangkan cara pemasangan stopper samping, cukup dikaitkan pada stopper depan dan lubang pada tiang.

Price List adalah asesori yang cukup penting dari sebuah toko swalayan, karena disini Anda dapat meletakkan harga-harga barang, informasi yang sangat penting bagi seorang konsumen.
Price list yang ada dipasar terbuat dari plastik tebal dan transparan sejenis mika dan terdiri dari bermacam macam warna sehingga Anda bisa memilih sesuai selera Anda, dan didesain sedemikian sehingga Anda mudah memasukkan atau mengeluarkan harga suatu barang.

Price List+Stopper. Kalau yang ini adalah kombinasi antara price list dan stopper. Artinya, jika Anda menggunakan price list jenis ini maka Anda tidak perlu lagi membeli stopper karena price list ini sekaligus berfungsi sebagai stopper (ada tambahan tinggi sekitar 2 cm diatas price list). Sayangnya jika Anda menggunakan produk ini, maka Anda tidak bisa memasang stopper samping.

Hook atau kait. berfungsi sebagai tempat menggantung suatu produk yang dipasang di ramp rak. Terdapat lima macam panjang hook, yaitu mulai dari panjang 10cm, 15cm, 20cm, 25cm dan 30cm. Dipasaran tersedia hook dari besi dan hook dari stainless.

Wing Rack atau sayap rak, berguna untuk menampung barang-barang kecil seperti permen, obat-obatan, peralatan sekolah dan lain lainnya. Wing rak ini dipasang di gondola atau rack display 1 muka sebelah samping.

Satu lagi asesori rak yang saya kemukakan disini, adalah shelving. Karena standar dari pabrik biasanya hanya memperoleh 3 buah shelving atas dan 1 buah shelving bawah, maka jika diperlukan shelving dapat ditambah 1 atau 2 buah setiap rack sehingga penggunaan space dapat lebih optimal.



Kecuali asesori rak, maka ada beberapa produk lagi yang ada hubungannya dengan rack display atau sebagai penunjang beroperasinya sebuah minimarket/supermarket, misalnya :

Box Obral untuk menjual barang
barang obralan
Meja Kasir

Cermin
Troli Susun
 
Rak snack/mi
Rak asesori
putar
                        












Troli Jumbo
Pintu Masuk
   










Tidak ada komentar:

Posting Komentar